PENYEBAB DAUN KELAPA SAWIT KUNING DAN KERING

Di artikel ini kami menyajikan informasi mengenai "PENYEBAB DAUN KELAPA SAWIT KUNING DAN KERING". Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, silakan tonton video pada bagian yang sesuai dengan minat Anda. Terima kasih.

4 Penyebab Daun Kelapa Sawit Kuning


Tonton di Youtube

Komentar:
AssalamualaikumSelamat malam pak. Mau tanya, tanaman sawet saya umur 19 bulan. Tapi daun nya menguning kayaknya kekurangan magnsium. Kalo mau di kasih DOLOMIT dosisnya berapa ya.
- Mantap ilmunya,Terimakasih bnyak,semoga di berkahi allah pak fendi.amin
- Semangat mas, terus tebar kebaikan pada sesama,.....ilmu yg bermanfaat.
- Sukses selalu pak. Ilmunya sangat bermanfaat buat kita dari crew pondok di Rimbo Salak Pelalawan
- Numpang tanya lg mas ...., jarak pemupukan dolomit dg yang pupuk lain paling cepat berapa minggu,karena ada ahli sawit yg lain menyampaikan bisa dilakukan dg jarak 2 minggu, mohon pencerahannya mas.... Terima kasih...
- Salam sukses bos. Saya masih pemula. Usia sawit saya baru 7 bulan di lahan. 1 bulan pertama saya kasih dolomi, 3 bulan selanjutnya saya kasih urea, dan sekarang mau mupuk lagi. Gagus nya pake apa bos. Kalau lokasi termasuk dataran tinggi/ lahan tanpa genangan air. Mogon sarannya bos.Terimakasih
- Pak Pendi jika daun yg kuning dipelepah bawah apakah kekurangan mg atau k sulit utk membedakannya
- Mohon pencerahan nya pak....Unsur mg dan kalium kan saling melemahkan,....Pertanyaan saya apa mungkin dalam Satu batang sawit terjadi kekurangan
- Mau tanya mas,ini kalo daun kuning seperti kekurangan Kalium tetapi cuman beberapa batang dari ratusan batang itu knp ya? Padahal pemupukan sama semua, terimakasih
- Sagt bermanfaat pak de, trimaksih ilmunya pak de,moga sehat selalu,amin
- Pertanyaanya dari kopi inspirasi bang.Seperti anjuran pemupukan musti berurutan mulai dolomit,sp36, urea,kcl.Nah urutan kcl paling belakangan.
- Mas sawit saya umur 2 tahun dan sudah belajar buah namun saat nyempotbanyak daun yg tersemprot (tukang seprot baru orgnya) bagai mana cara biar tdk stes sawitnya?
- bos...bisa digabung pupuk kcl sama magnesium..soal sawit sayadaun nya kuning/berkarat bos..mohon solusi nya
- Mas..saya mau tanya..penggunaan pupuk seperti urea, tsp, kisrit, dolomic, kcl, npk itu lebih bagusan mana dengan ecofarming?
- Bagaimana dengan boron mas apa kah bisa menjadi alternatif pengganti kiserite?
- Mantap bg, thanks ilmunya
- Mantap,,makasih info nya sangat bermanfaat
- Habis kastrasi apakah membuat daunnya menguning mas?
- Mas pendi...sawit saya kuning karena tergenang terus..umurnya baru 2 tahun..klo saya buat tapak timbun trus buat drainase, pupuk pertama yg diberikan itu urea atau dolomit/kiseriet?..mohon sarannya mas..
- Mas...jika daun menguning dan mengering apakah bisa di tanggulangi dengan pupuk kisrite...

Daun kelapa sawit berwarna kuning dan akhir nya kering. Apa penyebab nya??


Tonton di Youtube

Komentar:
pak apakah pupuk magnesium ini bisa diaplikasikan di lahan gambut?
- Ternyata penyebab daun kuning dan mengering adlh kekurangan magnesium, cara menanggulanginya gunakan pupuk keseriteterima kasih pak
- Info penting buat petani sawit seperti saya..
- Sawit saya jg mengalami gejala yg sama pak, 3 bln yg lalu cek ph asam 4.5-5. Sudah pakai dolomit 3 bln yg lalu dan npk.Skrg ph sdh normal namun kondisi daun makin kuning bahkan setiap pokok.Apa perlu saya pupuk pakai kiserit?
- Terimakasih pak atas penjelasannya
- Assalamualaikum pak Kalau untuk pohon baru di pindahkan ke lahan Bagus nya pakai pupuk apa ya pak..???
- Pak adakah tabel perhitungan dosis pemupukan semua pupuk berdasarkan umur sawit dan kondisi tanah
- Kalau dikasih pupuk dolomit yg mengandung MgO bisa ga pak?
- Terimakasih infonya Mas tambah wawasan.
- Kalau dalam kasus seprti itu dikasi borate bisa juga pak de
- Pak, apa benar pupuk kisrit yang adasulfur dan belerangnya bisa memberatkan danmembesarkan buah sawit setelah 2 bulan aplikasi?
- apa benar kieserit justru menurunkan ph tanah pak??Sawit saya di lahan gambut yg phnya antara 4 - 4.5.Keadaan sawit saya sama persiskondisinya dgn yg di video bapak.Selama ini saya pakai dolomit 2 kg /pkk,namun pelepah tua yg menguning lalu kering spt terbakar tak kunjung sembuh.(setelah yg kering dibuang semua nanti akan muncul lagi yg menguning lalu mengering) Untuk pelepah di atas buah terus ke atas sampai pucuk hijau normal kondisinya.Saya takutnya pakai kieserit jika bisa menurunkan phnya pak.Mohon bantuan dan penjelasannya.Trimakasih.
- Sukses sllu kang... terimakasih tipe sangat bermanfaat buat petani sawit seperti aku
- terimakasih bos atas pencerahannya,mohon kejelasan apakah kistrit ini bisa dipakai pada lahan berpasir,terimakasih
- Bang barang x ada yg membutuhkan MESIN RAUT LIDI LISTRIK khusus untuk kelapa biasa kelapa sawit dan aren . Saya punya trobosan mesin baru Asli dan bisa jadi ke Untungan 2x lipat .... Kalo mau lihat barang nya ada di video chanell saya
- Apakah bisa menggunakan pupuk RP pak?Terima kasih sebelum nya
- Kalau buah cengkeh pake pupuk apa supaya buahnya normal??
- Terima kasih pak saran nya
- Hlo abang sahabat petani sawit !! Jika sawit usia 5 tahun kondisinya parah, sperti pokok kecil,pelepah tidak terbuka,daun kering kuning sampe pelepah nya, apa kah masih dapat di rawat, mohon bantuanya, ? Terimakasih
- terimakasih paktas info nya , sangat membantuuu

Cara mengatasi gejala daun kelapa sawit Kuning dan akhirnya mengering


Tonton di Youtube

Komentar:
Singkat, padat, tepat dan jelas.Maju terus, Pak.
- Brp kilo perbatangnya untuk kiseritnya pak ?
- Mengingat kiesreat mahal, apakah bisa di ganti dengan dolomit kebo mas bg...
- Mantap Pak..salam dari Malaysia..
- Video pak proses pemupukannya dan dosisnya pak
- Kiserit itu pupuk apa pak? Baru dengar..
- Dilahan mineral bisa di kasih kieserit nggk
- Disini sulit kieseritenya
- Jika kapur kebomas gimana pak
- Utk umur 10th brp dosisnya pak
- Brapa bulan tampak perubahan setelah aplikasi pak
- Hadir bossikut belajar copi balik y boss sy masih pemula rtimakasih

Cara mengatasi daun sawit yg menguning


Tonton di Youtube

Komentar:
Terima kasih mas ilmunya, semoga menjadi amal kebaikan buat mas....
- mas..klu dah smpai jadwal pemupukan,apa msh bs di ksh kapur dolomit?biasa jarak waktu pemupukan dan pengaplikasian kapur dolomit brp lama.apa boleh barengan?
- Setau saya tanaman sperti itu kekurangan unsur hara kalium ataupun bisa jg magnesium,bisa di kasih pupuk yg mangandung kadar k nya tinggi sperti pupuk KCL ....Maaf klw salah️
- Selalu nyimak salam petani sawit bos...
- Bagus motipasi nya bang
- Super kak...️️
- dari jenis fisik pohonya menandakan kadar asamnya tinggi untuk menetralkanx cukup gunakan abu tangkos stelah itu baru pemupukan
- Keren.... Ahmad channel makin ok info lengkap...
- Sangant bermamfaat Tutorialnya Bosque
- Pengalaman sekali bapak ini .go go
- Mas kalo sawit umur delapan bulan,,sbelum nya sudah menguning daun nya,dan pertama saya kasih dolomit selesai satu bulan saya kasih urea ping, apa kah bisa sembuh mas daun nya... Selesai itu kasih pupuk apa lagi ya....???
- Kurang pupuk
- Terima kasih informasinya
- Mantap bosku
- Jos Bosku mantap terimakasih infony
- Apa itu hara?
- Iya skrang masalah nya kurang pupuk apa?? Buat konten seputar sawit harus tau masalah sawit bosss..
- Pupuknya apa itu yg bagus
- Pakai pupuk apa bos ku
- wah bermanfaat ilmunya ...tak subscribe ya..

Mengatasi Daun Kuning dan Mengering pada Tanaman Kelapa Sawit


Tonton di Youtube

Komentar:
Hadir juga bos
- Pak npk mahkota + urea boleh dipupuk barengan?
- Pupuk yg bagus tu,daun sawit menguning
- Pupuk ya apa yaaa,klu daun sawit kuning
- Setahun berapa kali pk
- Berapa klo per pokok pk
- Kalo sawit umur 8 bulan pelepah nya menguning klo pakai pupuk kasried bagus ngak bng...??
- Pupuk apa itu kang berapa sekarung
- Bagaimana caranya kalau sawit umur 3 tahun kang, berapa jaraknya dari pohon
- O ommbllmbnm mmgño9okn oo kinokno ijnio nnl ollolllllqllllllllllllllllllououluhllooniuujniihlniuluuuhulliiiiuiuuniulh hi jiihlhnnilyhlih hlih hluihuuu julhlinuimhinhhhlni ihuujnnuiulunonj ujjnjniunjuñmnñiunjjninnbi8 ññ ujiiuj i ik iijijnniijji ijnjnjikn jjnuijoininnnhknni iioo ni ii n knu u uiin nijmninuj iiujjnjukuji nn booo n innkiklnn njj oniuuknn j o u nu j nnon njijk uuj i onu jkuouj jkijonoo mjujnkiini nuj oji ijijhiijoinui j ik jjnhik unhn ijiinu
- Terbaik bosku..Info yg baguus
- Izin bertannya pak bos, ,bgaimna cara mengatasi sawit yang kering dan kerdil di area bebatuan dan apa nama pupuk yang tepat buat tanaman tersbt agr pohonnya besar dan daunnya hijau?? Umur sawit sekitar 3 thunn
- Bismillah apik om
- Gimana caranya bang kalau mengatasi sawit over dosis pupuk borat
- Gimana caranya bang kalau mengatasi sawit over dosis pupuk borat
- Mantap
- Kalau umur sawit umur 6th/7th berapa meter jarak pemupukan dari pokok sakitnya mas
- Hadir bos salam Kalbar pemula sawitan
- Assalamualaikum mas Hadi..Mau nanya terkait daun menguning dari daun pelepah paling bawah , kemudian menjalar ke daun pelepah ke atas sampai ujung pelepah palingujung atas..
- Itu umur brapa mass

penyebab daun sawit kuning serta cara mengatasi daun sawit menguning


Tonton di Youtube

Komentar:
Mantap mas bro.. sesama petani telah mau berbagi ilmu yg sangat bermanfaat sekali utk diaplikasikan di kebun.
- Semangat juragan, buat petani sawit
- Selamat siang pak.mau tanya pak.d kalau di lahan pasiruntuk daun yg menguning cocok nya pupuk apa pak. untk skrng inikami masih gunakan pupuk organik solid. tingginya sawitnya sekitar 6meter terimakasih
- Cara mengatasi daun sawit menguningMakasih info nya pak
- Terima kasih sedulur sudah berbagi apa penyebab daun sawit kuning keren infonya
- wah bagus sekali infonya....
- Sangat bermanfaat om..
- Betul sekali mas broterimaksih
- Gimana caranya bang,,atasi sawit over dosis pupuk borat
- Keren ilmu sawit
- harus dipenuhi nutrisi hara nya agar tidak menguning. kalaugigi menguning piye?
- Keren n bermanfaat bos info nya
- Hanya kasih dolomit aja bang ? Kebetulan lahan saya gambut
- Begitu tah caranya...sip..semoga bermanfaat
- Mas saya sudah kasih pupuk Dolomit tapi masih saja tetap menguning tapi sebagian pokok2 yang lain Uda bagus tetapi dua Poko malah bertamba kuningnya mas kaya mana cara ngatasih mas kalau kita masukkan urea bagus gak mas
- Ijin bertanya dan mohon masukan nya mas..1 bulan lalu saya memupuk boron dngan dosis 100gr/phon.usia sawit 9 tahun bulan januari tahun depan mas.Nah pertanyaan nya adalah kenapa daun sawit saya menguning dan ada yg seperti terbakar terus ada jga yg berwarna orange setelah saya beri boron. Mohon saran dan jawaban nya mas
- Mantap ni bang.... Selamat malam ya
- Ppuk apa bagusnya mas?
- penuhi kebutuhan kalsium dan magnesium yah
- Mengatasi daun sawit kuning

CARA MENGATASI DAUN SAWIT YANG MENGUNING DAN MENGERING


Tonton di Youtube

Komentar:
Mantap pak, ilmunya sangat bermanfaat, semoga sehat selalu dan dilancarkan rizkinya
- Jarak waktu antara pupuk berapa hari bang?
- Cara mengatasi daun kuning pada kelapa sawit
- Trimksh bang infonya ... Jadi tahu cara mengatasi daun yang kuning dan kering ..sukses selalu bang...
- Perkongsian terbaik dan bermanfaat sahabat..
- Bang barang x ada yg membutuhkan MESIN RAUT LIDI LISTRIK khusus untuk kelapa biasa kelapa sawit dan aren . Saya punya trobosan mesin baru Asli dan bisa jadi ke Untungan 2x lipat .... Kalo mau lihat barang nya ada di video chanell saya
- mntp bosku ilmunytrimaksih
- Setelah dolomit,berapa lama bang bs kasih kcl y,terimakasih.salam dr Bengkulu.
- Mantap. betul baget sama puya ku juga daunya kyak mas kabeh.
- super keren videonya....
- Ku kira dokter pinang aja rupanya sawit juga bang
- nyimak pertama bang
- Kok g di tanam pinang aj mas.lhan swit ny

cara mengatasi daun sawit yang menguning


Tonton di Youtube

Komentar:
Berapa bulan setelah dikasih jangkos bisa hijau kembali daunnya bang?
- Ini sangat bermanfaat sekali tips dan cara penanaman bibit kelapa sawitnya bagus bgthadir nyimak sll
- makasi sharing ny bang,, kebetulan bapak di kampung juga usaha sawit mantaap
- Semangat kawan demi hasil yang lebih baik
- Makasi ilmu nya bang..
- Berapa bulan setelah dikasih jangkos bisa hijau kembali daunnya bang?
- Terima kasih bg informasi nya.semangat..
- Thanks for sharing my friend.
- Makasih infonya pak
- Makasih bg info nya
- Mantap kali bang.....
- Mantap bg
- Oo bgtu ya pak bermnfaat sx ilmunya
- mkssii kang..infox...sngat bermnfaat kang ..
- Semangat bgSukses selalu
- Terimah kasih inponya tulang smoga sht selalu
- Mantap bg
- Salam dr bengkulu bang... Swt sy daun kuning bintik2 dan ada yg kering daunnya... Lahan sy tanah kering berbukit
- Berkrya trsss boss
- Ternyata karna kualitas tanah yg kurang bagus..

PENYEBAB DAUN SAWIT KUNING DAN SOLUSINYA


Tonton di Youtube

Komentar:
Waalaikumsalam, terimakasih kak. Sudah berbagi ilmunya
- info yang bermanfaat kak, terima kasih sudah berbagi
- Moga sukses petani sawit Merangin...Salam dari Kalbar...
- konten²nya sangat bermanfaat.. smngat kk semoga sukses selalu
- Ilmu yang bermanfaat kk salam sukses dan sehat selalu...
- Wahh ilmunya sangat bermanfaat sekali buat sahabat Tani. Salam sukses ya
- Wah bener banget nih, harus tau betul pemupukannya biar daun sawit tumbuh subur tidak kuning :-)
- Mantap ilmunya bang
- Beautiful plant, nice sharing friend, Liked
- Wallailum salam wr wb,sukses trus pak
- Semoga suksese cepet dipanen mas Semangat
- Waalaikum salam bang, salam kenal sehat dan sukses selalu Terima kasih bang info nya, sangat bermanfaat
- Allhamdulilah jadi tau tips dan trik untuk pohon sawit makasih bang
- Mksih bang..sdh berbagi ilmu..smoga shat sllu agar ttap berbagi ilmu yang bermanfaat untuk sesama..
- Terimakasih atas ilmunya kawan
- Amazing
- Waalakumusalam warahmatullahi wabarakatuh, Terimakasih informasi nya kawan
- Mantap bro...info nya..trus klo yg tergenang air itu sawit nya bisa bertahan berapa lama bro....
- sangatbermanfaat sekali vidionya kksemoga semakin sukses canelnya
- Waalakumusalam warahmatullahi wabarakatuh, Terimakasih informasi nya kawan

Penyakit Kelapa Sawit || Karat Daun Kelapa Sawit ||


Tonton di Youtube

Komentar:
Apakah Karat Daun Bisa Dikurangi Dengan Pemberian Pupuk Dolomite??
- Kalau tidak ada RP bolehkah diganti SP-36 pada lubang tanam pak ???
- kalau di lahan mineral dan tanah nya keing.apa sama penyebab nya om?
- Nah...setuju mas sma penjelasannya..sma persis ini kaya di kebun sya skrang..cuaca yg berubah hujan panas hujan panas hampir terjadi 3 bulan ini..membuat beberapa pokok sawit terkena karat daun. Awalnya binggung juga ngurus nya gimana..tp setelah lihat pnjelasan sampean..sya jadi cukup tenang..
- Mas kasih tau dong apa obat nya. Makasih
- Kalo pake nordok dosis brapa gram/ltr air pak
- Brapa dosis kalo pake nordok pak
- Kalau pakai trusi bisa hilang tidak mas karat daunnya,atau tolong bahas manfaat trusi buat tanaman sawit baik di pembibitan,tbm,tm terimakasih
- Semprot nya ke daun atau sekitar piringan mas?
- Terima kasih mas atas ilmunya
- Langsung di jawab.... Terima kasih.. Ilmunya mas pendi
- Kuliah gratis..terima kasih pk Pendi..
- Wah... Kebun q kyk gt pak..Makasih penjelasany..
- Beda ya om sama orange spot?
- dikebun sawit saya juga kena mashampir semua pokok dipelepah bawah tp belum naik ke pelepah 17apa karna lahan saya gambut ya mas jd kelembabannya tinggi
- Benar mas.jd tenang sy.tetap semangat membagi ilmu.&sehat selalu
- Mas, kalo di tmpat saya sawit bagus terawat malah timbul karatnyaJadi kami sempat mndefenisikan bahwa sawit subur, bagus itu yg dauny brkarat
- Sangat bermanfaat sekali boss
- Pak. Kenapa sawit kami kok gak mengalami panen Raya, padahal sudah usia 9 tahun.
- Fugisidany di semprotkan atau di tabur pak?

tips atasi daun sawit kuning mengering di lahan rawa / gambut


Tonton di Youtube

Komentar:
Terimakasih atas ilmunya kawan Semoga channelnya lebih cepat berkembang Salam dari Palembang
- Hadir nyimak bang...makasih atas ilmu dan infonya bang sangat simpel dan jelas sangat berguna bagi kita semua bang dan salam kenal banh...alam sukses...
- Bukan tapak kuda bro.tapi tapak timbun (mounding)
- Jarak tanam nya, berapa meter bang
- Bang kalo sudah buat parit.. tapi tidak ada pembuangan air nya.. gimana
- ,
- Hadirrr maassss...
- makasih infonyaaaaaa
- Kasih abu padi..dipiringan
- Hadir nyimak kawannn
- Mantap lur
- Bang di rawa bisa di kasi pupuk orea
- Hadir nyimak kawansaya udah kirim sawit mirahnya tolong kirim balik sawit Mirah nya ya
- Kaya selalu om
- Hadir bosskur

Daun Kelapa Sawit Kuning Kekurangan Apa?


Tonton di Youtube

Komentar:
Nyimak terima kasih informasinya bang sangat bermanfaat
- Makasih mas bro atas semua pengetahuannya..
- Pasaman barat hadir,....acurate sekali ilmunya....
- terimakasih semoga bermanfaat,mana yg lebih cocok pada kelapa sawit yg sudah mennguning dolomit atau kiestritspada lahan berpasir,terimakaaih
- Sangat bermanfaat pak
- Sangat bermanfaat sekali Sukses selalu ya bang... Salam kenal dari kaltim Balikpapan
- Sangat membantu,,terima kasih telah berbagi,,
- Bang barang x ada yg membutuhkan MESIN RAUT LIDI LISTRIK khusus untuk kelapa biasa kelapa sawit dan aren . Saya punya trobosan mesin baru Asli dan bisa jadi ke Untungan 2x lipat .... Kalo mau lihat barang nya ada di video chanell saya
- Waalaikumsalam bos ku. Sangat bermanfaatinformasi nya. Salam tandan berduri bos ku, Semoga sukses
- Mantap bos infonya sangat baik
- Muantep bos ku.. salam buah berduri
- Trimaksh udah berbagi ilmu
- Langkah pertama dolomit lalu urea bang.Saya pernah mempraktekkan dan hasilnya hijau..
- Semangat..
- Good info bg
- Terimakasih informasinya mas, jangan lupa mampir ya
- Cek pH nya berapa ....
- Dolomit di campur sama tausi bisa gk mas
- setelah dipupuk dgn kiserit slnjtnya pupuk apa bg mohon pencerahannya
- bener kawan mungkin pemupukan kurang.

cara mengatasi daun bibit kelapa sawit menguning


Tonton di Youtube

Komentar:
Waalaikumsalam bos, tumbuhan bnyk manfaat
- Terimakasih sudah berbagi manfaatnya kak semoga kelapa sawitnya bertumbuh dengan subur.
- Wahhh sukses terus nii petani sawitt,daunnya hijau hijauu,pinter merawatnya yaa jd tdk ada yg menguning,,pake kiserite yaa
- Waalaikumsalam terimakasih atas informasinya sangat bermanfaat sekali
- Bos, kalau udah di berikan dolomit apakah boleh diberikan kiserit lagi?
- Masyaallah tabarakllah mantap rajin
- Kelapa sawit mantap
- TERIMA KAK INFO NYA
- mantap banget tutorialnya, semoga sukses selalu ya
- Bibit sawit sampean buat aku plongak-plongok bos.....mantap ilmunya
- Mantap mas semoga makin subur mas
- Terima kasih atas informasinya ..
- Info nya bermanfaat ,mksh bang
- Bisnis yg pasti berkebun sawit...
- Hadir...Cara mengatasi bibit sawit daunnya menguning... trimakasih
- Info bgus ini, ttg bibit sawit. Keren bg.
- sangat menarik dan bermanfaat
- Hadir kawan salam kenal ya kawan mantep bibit kelapa sawit nya sukses selalu kawan
- Bg klo bibit usia 2 bulan brp gr/polibag ny ??
- Ditaburi Kiserit langsung dikasih pupuk atau nunggu beberapa hari lagi mas untuk pemberian pupukx

Mengapa Sawit Saya pelepahnya kering kering TERUS : Solusinya ya?


Tonton di Youtube

Komentar:
Teruskan membawa manfaat bagi petani pak..sukses selalu
- Trimakasi pak agos untuk membantu petani sawit,sukses selalu pak gus
- Mantap pak.sdah berbagi pljran bgi petani2 yg laen
- Mantap pak ...jadi pelajaran bagi kita petani sawit..
- Pak..mau tanya ..apakah MKP cocok untuk sawit.Kalau cocok berapa dosisnya pak?
- Mantap penjelasan Pak Imo SuksesT. Kasih
- Terimakasih guru
- Boleh dipupuk pakai garam nggak pak imuh?
- Pak sawit saya kering seperti itu pelepahnya mirip. Tapi pucuknya juga sengkleh ..itu karena unsur hara tanah kurang atau terkena jamur penyakit sawit?
- Kalau di berikan pupuk kandang/kotoran sapi apa bisa sembuh mohon solusinya
- Sering nengok chanel ini lama lama jadi pinter juga ini nanti saya
- Dengan cara lain tampa pupuk bisa tidak kita atasi kelapa sawit pelapah kering
- Pak sawit kami masih kecil umur tiga tahun sudah kering
- Salam anak medan pak agus....Mantap pencerahan.
- Smoga bermanfaat diskusinyapak
- Pupuk organik seperti apa mas.
- Sama dg permasalahan saya
- Gunakankcl mahkota boss
- Kalau pakai pupuk petroganik bisa pak?di kasih dosis 2-3 kilo?sbgian sawit saya ada yang kayak gitu

PENYEBAB DAUN SAWIT KUNING DAN SOLUSINYA


Tonton di Youtube

Komentar:
Trimakasih mas Anang,, dah berbagi ilmu tentang persawitan
- terima kasih sering ny mas bos semoga bermanfaat buat petani sawit
- Semangat berbagi ilmu kak,,semoga sukses selalu
- Salam jumpa mas Anang..mau tanya setelah kita melakukan pemupukan kirserit jarak untuk kepemukan contohnya Urea itu jaraknya berapa bulan..Masterma kasih
- Walaikumsalam kawan, next bahas usia sawit yang uda bisa di panen dari nanam sampai hasil
- Sangat bermanfaat sekali,Salam sukses selalu bosku..
- info yg sangat bermanfaat,mksh kak solusinya
- Mksh bang sdh brbagi info tentang kelapa sawit...tambah sukses bang
- Nyimak penyebab dan solusi daun sawit menguning
- Hadir malam nyimak mas bosque. Mantap semoga bermanfaat buat semuanya Aamiin..
- Semangat dan lanjut kan berbagi ilmu nya
- ..info yg bgs..tentang penyebab daun sawit mguning..sukses sll..Sobat
- Waalaikumsalam bosku, semoga bermanfaat sheringnya
- Makasih sharing infonya kak..sukses kak
- waalaikumsalam, terimakasih sharingnya ka
- Faham mas anang ,trimakasih mas
- Walaikumsallam.. terimakasih Mas infonya
- terima kasih infonya kk...
- Penyebab daun sawit kuning mantab imfonya bos
- Sharing Yang bagus

Studi kasus : Beberapa Bulan Setelah Tanam, Tanaman Menguning Pada Pelepah Bawah


Tonton di Youtube

Komentar:
Bang kalau pakai pupuk NPK 16-16-16 saat sebulan sesudah tanam bagus gak bang?Mohon penjelasannya
- Terimakasih ilmunya... Salam sukses selalu mas pendi
- Mas kalo kita punya lahan 0.7 ha.. Apakah cocok menanam sawit?
- Izin tanya pak.Baguskah bila kita memberikan pupuk kohe kambing pada umur tanaman 3-6 bulan? Soalnya sawit saya juga mengalami penguningan..
- Antara magnesium dan kalsium, perbedaan ke efek daunya apa pak pendi, apakah kalsium tidak bisa untuk mengantikan magnesium
- Nyimak terus pokoknya mas,berbagi ilmu yg sangat bermanfaat.semangat
- Semngat terus bg fendy...
- Sehat dan sukses selalu pak
- @The BrondolsPak aku setelah tabur pupuk dolomit jadi muncul daun menguning keseluruhan, kasus 1 pohon saja.Umur tanaman 20thun.
- Terima kasih ilmu nya sensei
- Assalamualaikum mas.kemaren saya sudah tanam bibit jenis PPKS marihat simalungun. Saya memberi dolomit pas penanaman terus 2 minggu setelah itu saya berikan NPK 16 16 16 apakah itu tidak masalah?
- Alhamdulillah guru
- Assalamualaikum,kalau kimerah itu bisa di sembuhkan nggk mas?
- Asalamualaiku Pak Pendi, umur tanam 0 bulandi kasih dolomit selanjutnya bisa langsung npk apa gimana Pak...
- Semoga ilmu yg bgikan dgn iklas akan menjdi ladang amal untuk abang yg berkelanjutan......
- Sangat bermanfaat pak
- Ms Pendi, minta tolong buat videonya tentangpenyimpanan kecambah. KKS unggul ,jangan sampai seperti saya .Calabar ku ms, masak, berjamur,efek stirofoam1 bln dari pengemasan belum ke tanam. Padahal penyimpanan bagus
- Di Pn, dolomit 20 grm utk per polibag,maksudnya pak PendiTrims
- Alhamdulillah dpt ilmunya lagi
- Asalamualaikum wr....wb ... Bang ijin gabung dan menyimak skaligus belajar saya pemula bertanam sawit.

Penyebab Utama Mlepes dan Pelepah Kering Kelapa Sawit di Lahan Gambut


Tonton di Youtube

Komentar:
assalamu"alaikum.semoga pk boz dn tim sehat selalu.mau tanya utk pengendaliannya bagaimana itu pak boz,mohon penjelasannya?
- Assalammualaikum..., Keadaan sawit di YouTube ini sama persis di lahan sawit saya, untuk pemberian pupuk yang Bagus pakai pupuk jenisnya apa pak?. Terima kasih
- defisiensi magnesium pak
- Napas nya ngos ngosan om,perlu makan dolomit juga gak
- Iya pak agus, gimna cara mengatasi nya, sawit say sm persis begini lahan gambut jug.
- Klo puya saya malah kelebihan air
- Pupuk yg pas untuk mengatasi pelepah kering apa ya...mohon di jawab...
- Persis kayak gini kebun sawit saya pak dilahan perbukitan pupuk apakah yang paling cocok pak dolomomit atau kisrit
- Iya pak boss.....pengendalian bagaimana ?? Trima kasih..
- Pak sawit saya jga sprti itu jadi ap pupuk ya pak
- Kondisi sawit saya sama persis sprti itu, tapi kebun saya tanahnya tanah pasang surut bukan gambut, apa sama cara mengatasinya dg tanah gambut?
- Maksud nya itu apa......?????

Cara mengatasi daun sawit yang kuning dan berkarat


Tonton di Youtube

Komentar:
Trimakasih tipsnya bosku sangat bermanfaat buat petani sawit ,sehat selalu bosku
- Tidak perlu dipruning, mas bro. Musim panas akan mengelupas sendiri.
- Jangan di pangkas pak...tbm dilarang buang pelepah semprot aja pake fungisida nordox/tembaga dioksida karatnya dijamin sembuh..saya uda coba sendiri
- Cara mengatasi daun Sawit kuning dan berkarat , trimakasih sharing nya bang ilmu yang sangat bermanfaat sekali ...
- Cara mengatasi daun Sawit kuning dan berkarat , trimakasih sharing nya bang ilmu yang sangat bermanfaat sekali ...
- Apa hubungannya pupuk pospat dengan penyakit karat daun. Mas tolong jelaskan.
- Makasih sobat tips mengatasi daun sawit yg mulai menguning
- Mhn info: Apakah kuning daun pd daun kelapa sawit ini, penyebabnya sama dengan karat daun pd daun korma? Mungkinkah perlakuan yg sama bisa dilakukan utk daun korma?
- Bagus mas cocok di toton untuk petani sawit
- Info nya sangat menbantu sekali ini
- ada cara nya nih untuk daun sawit yang menguning.. keren kawan...
- Cara mengatasi dauan sawit yg menguning ,ikut belajar jga nih semoga bermanfaat.salam dari jawa
- Cara Mengatasi Daun Sawit Yg kuning Dan Berkarat Good Sharing Boss Sukses terus boss
- Waalaykumsalam bermamfaat
- Trimakasih tips nya teman ..
- Nyimak lgi nih kk Cara mengatasi daun sawit yg kuning waw keren bgt video nya jd betah bgt nonton nya trimkasih utk ilmu nya yg bnar2 sgt brmnfaat skali salam sukses kk smoga shat dan berlimpah truss rizkinya aminn ttap truss mnjdi yg pling trdepan
- Keren bosku
- Waallaikumsalm bang lanjut nyimak pertama semangat beraktivitas
- Nyimak masbro...
- Zabrdast vedio

AWALNYA DAUNNYA MENGUNING LAMA KELAMAAN MENGERING... INI PENYEBABNYA!


Tonton di Youtube

Komentar:
Salam tandan berduri Trimakasih mas bos dah berbagi ilmu tentang pertanian sawit
- Pelepah yang mengering itu apakah boleh dibuang/tunas bg ?
- Oh solusi nya ber manfaat sekali bang
- Tetap smangat
- Dosis kieseritnya brp mas. Bos ?
- Hadir nyimak bosquSharing yg sngat menarik dan bermanfaatTerus berkarya dan ttp semangatSlm sukses selalu ya
- Dosis nya berapa banyak perbatang mas?
- Betul la mas.. sepatutnya masuk keserit dahulu..pasal sudah parah.. selepas 2minggu..baru dikasihi dolomit..naik kan ph tanah..
- Kalau pakai dolomit bisa kah bang ?
- Coba buat perbandingan di lahan bg, seandainya ny lahan ny itu 2hektar coba yg1hektar di pupuk dengan abu jangkos, dan yg satu hektar lagi pakai kiserite, klu saya pribadi mending pakai abu jangkos bg, klu saya dlu beli lahan yg rusak saya pupuk abu jangkos, malahan lebih parah daripada itu pohon ny.
- Oh gitu kawqnku, harus cepat ditangani
- mantap bang salam santun dari kotabaru
- Boleh minta no hp ny ka bang?
- Kalau sudah seperti ini pupuk apanyg di pakai pak
- Mantap
- Seperti kasus di kebun saya
- Waalaikumsalam .hadir bosku
- Ikut menyimak
- Ad yg beli lidix

Ciri-Ciri Tanaman Sawit Kekurangan Unsur Hara & Cara Mengatasinya


Tonton di Youtube

Komentar:
Sangat membantu sekali makasih banyak atas ilmunya .
- Singkat padat om.. .manTul .terima kasih ilmu nya .sehat selalu
- Izin tanya bang, 2 minggu setelah tabur urea, boleh apa tidak kita tabur kiserite ?Mohon di jawab bang
- Pak kalau pelepah menguning trus daun bintik" apa kah pupuk NPK phonska .urea dan TSP cukup untuk mengatasi menuning daun dan bintik
- Informasi yang menarik nih pak
- Terimakasih sangat membantu sekali infonya
- mauliate / terimakasih share ilmu dan pengalamannya bg ...
- Om kenapa daun kelapa sawit berlipat lipat ya ? Apakah penyakit atau salah satu nya kekuarangan unsut hara ?
- Yang kekurangan magnesium, apa bukan ciri 2 Ganoderma bang?Review Ganoderma bang
- Kalau pucuk daun mengering itu kekurangan unsur hara apa pak
- Kalau pelepahnya kuning kurang pupuk apa bg?
- Bantu saran om saya memiliki kebun sawit yg kurang terurus 1 hektar umur 1,5tahun,. Saya melihat banyak daun nya yg berwarna kuning., Aplikasi yg cocok agar sawitnya kembali bagus pakai Pupuk apa ? Dan apakah sawit tersebut bisa kembali tumbuh normal.
- Mantap bg ilmunya. Terima kasihLanjutkan
- Terimksih ilmunya
- Mantap om. Tinggal d tambah dosis pemakaiannya aja om
- terima kasih atas ilmu sawit nya pak
- Sangat bermanfaat
- Ass bang, klau lahan mineral/lahan miring blh gk pakai dolomit,
- Terima kasih pak.ilmu y
- kalo sawit daun nya bewarna pucat di bagian lidi daun nya kekurangan apa ya
- Terima kasih bang, saya selalu menonton video anda
- Mantap bossku Kasi ilmunya
- Mkasih infonya yg sangat jelas pak....semoga razeki bapak cair...
- Nyimak bosq.., mantappppp sawit nya
- Sngt informatif dpt menambh pngetahuan trmksh teman
- Trima kasih ilmunya
- Trimakasi , sangat membantu informasi nya bang,Jon,,bisa GK minta no wa bg,, masih mau byk Berty,,soalnya saya pemula
- Mudah-mudahan kelapa sawitku seperti itu hijau buahnya Lebat,.
- Sukses selalu tulang.mantab
- Sangat bermanfaat, salam tdn berduri, jambi
- Cara mengatasinya sangat bermanfaat sekali
- Mantap bg
- Klo, patah pucuk muda ,itu penyakit apa Jho?
- Aku fokus ke sawit di belakangx,buahx mantap,,,,
- Sangat membantu bg trmksh
- Oke siap Bapak Ibuk. Terimakasih bapak Ibuk.!
- Mantap
- Mantap
- Apa nama bibitnya
- Mantap bapak ibuk